Minggu, 31 Juli 2011

Cara Mengatasi Kantuk saat Bekerja di Bulan Puasa

Bekerja di saat bulan puasa memang selalu ada tantangannya, misalnya tubuh terasa lemas, mata mengantuk. Tapi semua itu kita lakukan semata-semata karena ibadah. Bekerja di kantor dengan menggunakan pendingin ruangan (AC) membuat mata cepat terasa mengantuk, padahal masih banyak pekerjaan yang harus segera diselesaikan. Berikut ini beberapa tips cara mengatasinya.

sleepy.gif

Batasi Kalori Saat Sahur
Mengonsumsi terlalu banyak kalori di pagi hari bisa membuat Anda lekas mengantuk sebelum pertengahan hari tiba.

Banyak Minum Air Putih

Menurut penelitian, kurangnya cairan di dalam otak juga bisa menimbulkan rasa kantuk dan menurunkan tingkat konsentrasi seseorang.

Pasang Musik
Ketika mata mulai terkantuk-kantuk di depan komputer, pasanglah musik dengan volume cukup keras agar Anda kembali terjaga. Kenakan earphone supaya rekan di sebelah Anda tidak merasa terganggu.

Gunakan Aromaterapi

Banyak orang sudah merasakan manfaat aromaterapi dalam menciptakan mood. Bukan hanya di spa atau pusat-pusat kecantikan, aromaterapi juga dapat digunakan di tempat kerja.

Mengobrol
Pilih teman yang kira-kira juga sudah nyaris tergelincir ke alam mimpi seperti Anda. Jangan pula melontarkan topik obrolan yang menjurus ke pergunjingan supaya ibadah puasa Anda makin afdol.

Cuci Muka
Air dingin adalah alat penawar kantuk yang paling sering sukses menunaikan tugasnya.. Awas, jangan tergoda untuk berlama-lama kumur, apalagi sampai menelan airnya.

Olahraga
Selain meningkatkan stamina, kebiasaan berolahraga juga baik untuk melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Termasuk, sirkulasi darah yang membawa oksigen dan zat-zat nutrisi menuju otak yang merupakan pusat pengontrol rasa kantuk.

0 komentar:

Poskan Komentar